Minggu, 01 Februari 2009

Hape nyebur ke air!!

Walaaaaaaaaaaaaaaah! Nyemplung! gawat nich padahal tu hape belum lunas!
Tenang, don't worry, ada masalah ada solusi, ada tips dari aku dan ini tentunya gratis.. tiss ..tiss!
jika hape kamu terkena air, kamu mesti mastiin dulu airnya air apaan? air hujan, air laut, air comberan, air cucian atau aiiiir... pi.... pi....ss..>!!! hayo ngompol ya!!? tapi yang pertama kali harus kamu lakukan adalah melepas batery dan SIM card, itu saja. setelah itu lakukan langkah di bawah ini.

Sebelumnya kamu siapkan peralatannya:
  1. Obeng bintang; dapatkan di toko elektronick, PKL, supermarket atau toko besi(asal bukan toko kolor). Bisa juga minjem ke temen kamu yang hobby elektronick, jangan sekali2 minjem ke tukang servis!
  2. air blow; jika nggak ada kamu bisa pake kompor gas bersubsidi, caranya menyusul.
  3. air bersih; aqua galon juga boleh, air aki boleh tapi jangan yang zuur ya!
  4. alqohol 70 %
  5. sikat gigi merek apa saja, boleh baru boleh second, kalo yang second pastikan bersih dari sisa-sisa nasi yang dari gigi,.. hii.. jorok!!
  6. Matahari, bisa kamu pinjem ke Allah SWT, tapi minjemnya harus siang hari pas ga mendung.
  7. Multitester; beli aja di toko elektronik; yang kecil hanya 15 rebu.
  8. dekstop, pengisi batery multifungsi, bisa kamu beli di konter hape, harganya 15 ribu.
Nah jika bahan udah siap, kita mulai dari kasus pertama.

HAPE TERENDAM AIR

Caranya adalah anda cabut batery-nya, periksa batery dengan multitester :
  1. atur posisi multitester pada DC V 10.
  2. perhatikan tulisan + dan - yang ada pada batery, untuk penunjuk merah letakkan pada kutub + dan penunjuk hitam pada kutub - batery, jika jarum multitester bergerak ke kanan, berarti batery masih ada harapan.
  3. kemudian balik posisi penunjuk merah ke - ,dan hitam ke +, jika jarum bergerak ke kiri berarti batery OK, jika diam saja, berarti batery habis atau mati dan jika bergerak ke kanan artinya batery bocor/rusak.
  4. jika dalam 2 pengetesan batery tidak bergerak sama sekali, coba putar pengatur multitester ke pengaturan ohm x1K, penunjuk merah ke +, hitam ke -, jika bergerak artinya batery habis, jika tidak bergerak berarti batery mati, kamu mesti beli batery lagi!
  5. jika batery habis, isi manual dengan dekstop.
Setelah batery OK, sekarang coba kamu utak-atik hapenya:
  1. buka cassing hape dengan mencari baut yang ada, jika bautnya ngumpet, cari dulu sampe dapet, setiap type hape mempunyai tempat persembunyian kusus untuk baut, jadi kamu harus h a t i - h a t i !!! Jika sudah ketemu buka dengan obeng bintang.
  2. jika cassing sudah terbuka, pisahkan motherboard/PCB/papan tempat komponen, dengan cassing dan pisahkan semua komponen eksternal (komponen yang tidak menyatu dengan PCB) seperti LCD, mic, speaker dll. Harus hati-hati, jangan sampai merusak komponen.
  3. setelah terpisah, bersihkan PCB dengan alkohol dengan sikat gigi, lalu bilas dengan air bersih.
  4. Nah, keringkan PCB tersebut di terik matahari atau semprot dengan air blow (panas sedang), atau kibas-kibaskan di atas kompor gas (jangan kompor minyak) dengan nyala sedang. jarak nyala kompor dan PCB yang dikibaskan sekitar 30 cm. Cara mengibaskannya kaya saat kamu mngipaskan lembaran duwit jika tidak hati-hati maka duit akan terbakar.
  5. Jika dipanaskan di terik matahari membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam, semua komponen ikut dijemur, termasuk yang punya hape!!!
  6. setelah kering, pasang kembali cassing dan baut.
Biasanya tahapan yang paling rumit adalah saat masang kembali, nah jika kamu nggak bisa masang lagi, baru kasih ke konter!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar